EVALUASI KUALITATIF PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON KEPALA SEKOLAH DI KOTA YOGYAKARTA

Juliyanti, Dinar Tri (2019) EVALUASI KUALITATIF PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON KEPALA SEKOLAH DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_dinar tri juliyanti_15101241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif informan tentang program pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah yang pernah diikutinya pada tahun 2013. Kemudian untuk mengetahui manfaat yang dirasakan oleh informan ketika menjabat sebagai kepala sekolah pada saat ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Informan berasal dari delapan kepala sekolah yang telah mengikuti diklat calon kepala sekolah di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan member check. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif informan tentang program pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah terbagi menjadi empat macam, yaitu: 1) rekrutmen yang transparan, 2) seleksi yang objektif, 3) kurikulum diklat yang komperehensif, dan 4) fasilitas diklat yang memadai. Kemudian manfaat yang diperoleh informan setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah adalah peningkatan pengetahuan, keterampilan memimpin, serta kepercayaan diri yang dapat menunjang penugasan mereka sebagai kepala sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi kualitatif, diklat calon kepala sekolah
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:23
Last Modified: 07 Dec 2022 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74992

Actions (login required)

View Item View Item