PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS 1 SD JUARA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Aris, Nurkholis (2012) PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS 1 SD JUARA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-8. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 11.pdf

Download (58kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar sederhana melalui penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika berbasis kontekstual. 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap metode pembelajaran yang diimplentasikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang bersifat mendiskripsikan data dan menginterpretasikan data. Sampel penelitian adalah siswa kelas 1 SD Juara Yogyakarta pada tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan pedoman observasi, tes dan pedoman wawancara, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terjadi peningkatan perolehan hasil belajar siswa sebesar 5,7% pada kompetensi kognitif siswa (dari skor rata-rata sebesar 72,6 dengan kualifikasi baik pada siklus I menjadi sebesar 76,8 dengan kualifikasi baik pada siklus II), sebesar 16,42% pada kompetensi afektif siswa (dari skor rata-rata sebesar 69,4 dengan kualifikasi cukup baik pada siklus I menjadi sebesar 80,8 dengan kualifikasi baik pada siklus II), 2) Respon siswa terhadap penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika berbasis kontekstual adalah sangat positif. Kata kunci: penilaian portofolio, kontekstual, prestasi belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penilaian portofolio, kontekstual, prestasi belajar
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 23 Nov 2012 00:39
Last Modified: 23 Nov 2012 00:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7499

Actions (login required)

View Item View Item