PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BANKAGI PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA KELAS V SD NEGERI MEJING 2

Hapsari, Afifah Novi (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BANKAGI PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA KELAS V SD NEGERI MEJING 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Afifah Novi Hapsari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif BANKAGI (Perbandingan dan Skala Digital) yang layak dan praktis digunakan pada materi perbandingan dan skala kelas V SD Negeri Mejing 2. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas V SD Negeri Mejing 2. Uji coba produk dalam penelitian ini meliputi uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket skala. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif BANKAGI (Perbandingan dan Skala Digital) dinyatakan “layak” dan “praktis” untuk digunakan dalam pembelajaran kelas V Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya penilaian dengan kategori minimal “baik” pada tahap validasi dan uji coba. Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,73 dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,6 dengan kategori “sangat baik”. Kedua penilaian validator tersebut termasuk dalam kriteria ”layak”. Hasil penilaian guru mendapatkan skor rata-rata 4,67 dengan kategori “sangat baik”. Hasil penilaian siswa pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor rata- rata 4,6 dengan kategori “sangat baik”. Hasil penilaian respon siswa pada uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 4,57 dengan kategori “sangat baik”. Ketiga penilaian tersebut termasuk dalam kriteria “praktis”. Kata kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, perbandingan dan skala

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:44
Last Modified: 08 Nov 2022 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74986

Actions (login required)

View Item View Item