UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEBANG

Suryanti, Manis (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEBANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Manis Suryanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas V SD Negeri Gebang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dengan desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdpat tiga tahapan, yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan dan pengamatan (3) refleksi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gebang yang berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat menigkatkan keaktifan belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gebang. Ketercapaian indikator keaktifan belajar IPA mengalami peningkatan. Berdasarkan data hasil penelitian, pada pra siklus I pencapaian keaktifan belajar IPA sebesar 40,94% (kategori rendah). Ketercapaian indikator keaktifan belajar IPA mengalami peningkatan IPA pada siklus I yaitu yaitu 70,57% (kategori sedang) setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model quantum teaching dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 82,85% (kategori tinggi). Peningkatan pada siklus II tersebut dikarenakan adanya perbaikan dari kekurangan pada siklus I, Perbaikan tersebut berupa perbaikan pada lembar kerja, kegiatan penulisan daftar “aku tahu bahwa aku tahu”, pengelompokan alat dan bahan percobaan, serta penggunaan kesempatan bertanya yang harus dihabiskan. Tahapan dalam pelaksanaan model quantum teaching ini dikenal dengan istilah TANDUR dengan proses yang dilaksanakan yaitu (1) Tumbuhkan minat dan atusiasme belajar, (2) Alami dengan membimbing siswa dalam melakukan percobaan, (3) Namai yaitu menemukan konsep serta kesimpulan dalam kegiatan percobaan,(4) Demonstrasikan dengan menunjukkan bahwa siswa memahami konsep (5) Ulangi materi dengan menuliskan daftar “aku tahu bahwa aku tahu” dan mengerjakan evaluasi, dan (6) Rayakan prestasi siswa menggunakan bintang, pujian, tepuk semangat, dan tepuk salut. Kata kunci: keaktifan belajar, IPA, model pembelajaran quantum teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:37
Last Modified: 08 Nov 2022 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74984

Actions (login required)

View Item View Item