Hubungan Sarana dan Prasarana Olahraga Terhadap Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 1 Sewon

Yusuf, Muhammad Alaudin (2022) Hubungan Sarana dan Prasarana Olahraga Terhadap Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 1 Sewon. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad alaudin yusuf_18601241055.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik sarana dan prasarana olahraga dan seberapa tinggi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMA N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei dengan menggunakan lembar angket sebagai alat pengambilan data untuk mencatat hasil dari survei yang dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 12 SMA N 1 SEWON yang berjumlah sebanyak 186 anak. Untuk menganalisis data digunakan korelasi product moment Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, terdapat hubungan yang signifikan antara “sarana prasarana olahraga dengan motivasi siswa”. Ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh Hasil penelitian sarana dan prasarana olahraga di SMA Negeri 1 Sewon sebagian besar berkategori baik dengan persentase 46,77 %, kategori cukup dengan persentase 21,51%, kategori kurang sebesar 18,28 %, kategori sangat kurang sebesar 12,90 % dan kategori sangat baik baik 0,54%. Sedangkan hasil penelitian motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Sewon sebagian besar berkategori tinggi dengan persentase 36,02 %, kategori sedang dengan persentase 33,87 %, kategori rendah sebesar 14,52 %, kategori sangat rendah sebesar 11,83% dan kategori sangat tinggi 3,76 %. Hasil tersebut disimpulkan bahwa ada hubungan sarana dan prasarana olahraga terhadap motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Sewon.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Saryono. M.Or.
Uncontrolled Keywords: motivasi, sarana dan prasarana, siswa
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Nov 2022 09:39
Last Modified: 07 Nov 2022 09:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74977

Actions (login required)

View Item View Item