EVALUASI PROGRAM DIKLAT TEKNIK MULTIMEDIA DI BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Fitriana, Isnaini (2019) EVALUASI PROGRAM DIKLAT TEKNIK MULTIMEDIA DI BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_isnaini fitriana_15101241050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketercapaian pelaksanaan program Diklat Teknik Multimedia dengan menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam, di Balai Latihan Pendidikan teknik DIY, dari aspek konteks (latar belakang dan tujuan program), masukan (SDM, kurikulum, dan sarana prasarana), proses (media, metode dan kesesuaian jadwal) dan hasil peserta diklat teknik multimedia. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP yang dikemukakan oleh Stufflebeam. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari lima peserta, tiga instruktur dan dua panitia penyelenggara. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman & Saldana. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan ketercapaian pelaksanaan program (1) konteks: Latar belakang, dasar hukum serta tujuan pelaksanaan program dalam kategori baik. (2) masukan: kualifikasi peserta adalah cukup. Penyelenggara diklat teknik multimedia adalah baik. (b) Kurikulum telah disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha/dunia industri dan perkembangan zaman. (c) Sarana dan Prasarana diklat teknik multimedia telah lengkap dan memadai. Dengan demikian, masukan program diklat teknik multimedia termasuk dalam kategori baik, dengan tingkat ketercapaian sebesar 95.5%. (3) Proses: Media dan metode pembelajaran variatif dan termasuk dalam kategori baik. (4) Hasil lulusan secara kuantiatif adalah baik. Secara kualitatif, nilai rata rata siswa adalah 82, yang dapat dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, model CIPP, multimedia
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:55
Last Modified: 07 Nov 2022 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74966

Actions (login required)

View Item View Item