PELAKSANAAN DIKLAT PERTEMUAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KELUARGA (P2K2) BAGI PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL REGIONAL III YOGYAKARTA TAHUN 2019

Tiffani, Angelika Luxa (2019) PELAKSANAAN DIKLAT PERTEMUAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KELUARGA (P2K2) BAGI PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL REGIONAL III YOGYAKARTA TAHUN 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_angelika luxa tiffani_15101241037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Diklat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) bagi Pendamping Program PKH di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional III Yogyakarta tahun 2019 berdasarkan elemen-elemen pelaksanaan program diklat, pelaksanaan program diklat dan hasil pelaksanaan program diklat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Penyelenggara Diklat TKSM, Koordinator angkatan, widyaiswara, dan peserta diklat. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan menggunakan model interaktif oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diklat P2K2 bagi Pendamping PKH menggunakan metode on the job training dan off the job training dengan pengelolaan pelaksanaan program sebagai berikut. (1) Elemen-elemen dalam Pelaksanaan Diklat P2K2 bagi Pendamping PKH di BBPPKS Regional III Yogyakarta terdiri dari kurikulum yang disusun oleh Pusdiklat Kesos, peserta diklat merupakan para pendamping Program PKH, widyaiswara memiliki sertifikat TOT/TOF, sarana dan prasarana telah tersedia di area BBPPKS Regional III Yogyakarta, serta pembiayaan diklat yang berasal dari APBN Kemensos RI. (2) Pelaksanaan program diklat meliputi proses diklat yang dilaksanakan berupa perkuliahan bagi peserta diklat (on the job training) yang dilaksanakan di Kampus 1 BBPPKS Regional III Yogyakarta selama 30 jam latihan dan kegiatan Praktik Belajar Lapangan (off the job training) di Daerah Klaten dan Magelang selama 50 jam latihan. (3) Hasil dari Pelaksanaan Diklat P2K2 bagi Pendamping PKH di BBPPKS Regional III Yogyakarta adalah lulusan yang berkompetensi sebagai pendamping PKH serta faktor yang mendukung terselenggaranya diklat yakni elemen-elemen diklat yang saling bersinergi. Akan tetapi, dalam diklat ini juga terdapat hambatan dalam hal jadwal diklat yang berubah dan macam-macam kondisi peserta diklat saat mengikuti diklat serta kendala dari elemen lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan program, Diklat
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:33
Last Modified: 07 Nov 2022 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74965

Actions (login required)

View Item View Item