PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Ani, Minarni (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-10. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 10.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran berbasis masalah (Problem-based Learning, disingkat PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPS) Siswa SMP. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen kelompok statis dan hanya postest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri yang ada di Kota Bandung. Dari sekolah level atas dan sekolah level tengah masing- masing diambil satu sekolah. Dari masing-masing level sekolah yang terpilih diambil satu kelas untuk kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes KPS. Data hasil penelitian dianalisis melalui Anova satu jalur dan Anova dua jalur. Hasil penelitian: (1) PBL memberi pengaruh signifikan terhadap KPS siswa ditinjau secara keseluruhan, pada masing-masing kategori KAM (tinggi, sedang, rendah), maupun pada masing-masing level sekolah (atas, tengah); (2) Tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan KAM , (3) Tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan level sekolah. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, pemecahan masalah matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah, pemecahan masalah matematis
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 22 Nov 2012 00:32
Last Modified: 22 Nov 2012 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7496

Actions (login required)

View Item View Item