PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN KALIANDONG PADA PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI JOYFUL LEARNING

Damayanti, Eria (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN KALIANDONG PADA PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI JOYFUL LEARNING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Eria Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV SDN Kaliandong pada pembelajaran keliling dan luas bangun datar melalui strategi joyful learning. Rendahnya kemampuan kognitif siswa berdasarkan hasil penilaian harian pembelajaran keliling dan luas bangun datar. Strategi joyful learning mampu membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, tidak membosakan, dan lebih bermakna. Penerapan strategi joyful learning diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain mengacu pada Kemmis & Mc. Taggart yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kaliandong sebanyak 18 orang. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, jurnal catatan guru, dokumentasi, dan tes. Teknik Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan tindakan yaitu minimum sebesar 75% dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pembelajaran matematika yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi joyful learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada tiap siklus. Peningkatan kemampuan kognitf dapat dilihat melalui hasil tes, yaitu pada siklus I sebanyak 13 siswa dengan presentase 72% dinyatakan tuntas, meningkat menjadi 15 siswa dengan presentase 83% pada siklus II dan meningkat kembali menjadi 17 siswa dengan presentase 94% pada siklus III dari keseluruhan 18 siswa, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 76,3 dengan kategori “baik” mengalami kenaikan pada siklus II sebesar 79,3 dengan kategori “baik” dan pada siklus III terdapat kenaikan yang signifikan yaitu 86,2 dengan kategori “sangat baik”. Kata kunci: kemampuan kognitif, keliling dan luas bangun datar, joyful learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:22
Last Modified: 04 Nov 2022 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74951

Actions (login required)

View Item View Item