IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE INTERNATIONAL PRIMARY PROGRAM (CIPP) PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA

Putri, Fembi Hesiandra (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE INTERNATIONAL PRIMARY PROGRAM (CIPP) PADA SEKOLAH INKLUSI DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_fembi hesiandra putri_15101244004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum Cambridge International Primary Program (CIPP) di SD Tumbuh 2 Yogyakarta mulai dari proses pelaksanaan kurikulum, faktor pendukung dan penghambat, hingga upaya mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di SD Tumbuh 2 Yogyakarta. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum, tiga guru kelas, dan dua siswa. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model dari Creswell yaitu meliputi analisis data dengan menggunakan coding dan menerapkan coding kedalam narasi. Uji keabsahan data yaitu dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, (1) pelaksanaan kurikulum Cambride International Primary Program di SD Tumbuh 2 Yogyakarta dilaksanakan oleh guru dan berpedoman dengan frameworks kemudian dikembangkan menjadi lesson plan. Pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Metode dan strategi pembelajaran menggunakan cara yang menarik dan menyenangkan. Evaluasi pembelajaran dilakukan pada akhir setiap materi pembelajaran, evaluasi tengah semester, dan evaluasi akhir semester. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan kurikulum Cambride yaitu kemudahan dalam memperoleh sumber pembelajaran, siswa menerima kekurangan dan kelebihan dari siswa yang lain, materi pembelajaran pada kurikulum nasional dan kurikulum Cambride saling berkaitan, dan siswa yang menyukai penggunaan bahasa Inggris. Hambatan dalam pelaksanaan kurikulum tersebut yaitu keterbatasan dalam penggunaan bahasa Inggris baik untuk guru maupun siswa. (3) Upaya mengatasi hambatan yaitu adanya khursus bahasa Inggris untuk guru, membiasakan siswa untuk mendengar, berbicara, dan berani untuk menggunakan bahasa Inggris

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mplementation, Cambridge Curriculum
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:42
Last Modified: 04 Nov 2022 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74950

Actions (login required)

View Item View Item