KEPUASAN SISWA TERKAIT LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 2 BANTUL

Putri, Melinda Sagita (2019) KEPUASAN SISWA TERKAIT LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_melinda sagita putri_15101244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kepuasan siswa terkait layanan perpustakaan yang ada di SMA Negerti 2 Bantul. Hal tersebut dikarenakan dengan mengetahuinya tingkat kepuasan siswa dapat digunakan sebagai acuan sekolah dan petugas perpustakaan untuk memperbaiki kekurangan perpustakaan dan pengembangan perpustakaan untuk menjadi lebih baik. Selain itu, layanan yang baik juga dapat meningkatkan minat siswa ke perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket tersebut diisi oleh 493 siswa, namun karena jumlah populasi yang banyak, maka diambil 217 siswa sebagai sampel yang ditentukan dengan rumus Krejcie dan Morgan, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Uji validitas penulis menggunakan teknik expert judgement dan product moment, kemudian untuk uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan siswa terkait layanan perpustakaan di SMA Negeri 2 Bantul sangat tinggi yang dilihat dari skor persentase sebesar 81,35% dengan kategori sangat memuaskan. Dari masing- masing sub variabel menunjukan bahwa: (1) Kepuasan siswa dari dimensi bukti fisik (tangible) sangat tinggi yang dilihat dari skor persentase 82,77% dengan kategori sangat memuaskan, (2) Kepuasan siswa dari dimensi kehandalan (reliability) tinggi yang dilihat dari persentase 80,68% dengan kategori memuaskan, (3) Kepuasan siswa dari dimensi ketanggapan (responsiviness) tinggi yang dilihat dari persentase 80,80% dengan kategori memuaskan, (4) Kepuasan siswa dari dimensi jaminan (assurance) tinggi yang dilihat dari persentase 79,88% dengan kategori memuaskan, (5) Kepuasan siswa dari dimensi empati (empathy) s sangat tinggi yang dilihat dari persentase 81,39% dengan kategori sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepuasan siswa, layanan perpustakaan
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:38
Last Modified: 06 Dec 2022 00:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74948

Actions (login required)

View Item View Item