PENGARUH KINERJA GURU TIDAK TETAP TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SD SE-KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Efsanti, Rina Novalita (2019) PENGARUH KINERJA GURU TIDAK TETAP TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SD SE-KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_rina novalita efsanti_15101241028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kinerja guru tidak tetap Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung, (2) mengetahui efektivitas pembelajaran siswa di Sekolah Dasar se- Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung, (3) mengetahui pengaruh kinerja guru tidak tetap terhadap efektivitas pembelajaran siswa di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost- facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru tidak tetap yang berjumlah 97 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan skala penilaian kategori dengan 5 alternatif jawaban. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja guru tidak tetap sebagian besar termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 60,8%; kemudian (2) efektifitas pembelajaran siswa sebesar 53,7% berada dalam kategori tinggi; dan (3) terdapat pengaruh positif antara kinerja guru tidak tetap terhadap efektivitas pembelajaran siswa di SD Se Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung, yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan Fhitung lebih besar dari Ftabel (99,302>3,94) dengan sumbangan efektifnya sebesar 51,1% sedangkan 48,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa kinerja guru tidak tetap berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru Tidak Tetap, Efektivitas Pembelajaran Siswa.
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:31
Last Modified: 06 Dec 2022 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74947

Actions (login required)

View Item View Item