PENGARUH PERCAYA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN

Michellinda, Irene Ditya (2022) PENGARUH PERCAYA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Irene Ditya Michellinda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Kemandirian belajar menjadi penting sebagai implementasi pelaksanaan pembelajaran, sehingga menghasilkan prestasi yang baik. Kemandirian belajar dipengaruhi oleh percaya diri dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh percaya diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten, (2) pengaruh tanggung jawab terhadap kemandirian belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se- Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten, dan (3) pengaruh percaya diri dan tanggung jawab terhadap kemandirian belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se- Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten yang terdiri dari 14 Sekolah Dasar sebanyak 436 siswa. Teknik sampling menggunakan rumus Slovin signifikansi 5% didapatkan sampel berjumlah 209 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara percaya diri dengan kemandirian belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se- Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sumbangan efektif percaya diri dengan kemandirian belajar sebesar 42,99%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara tanggung jawab dengan kemandirian belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sumbangan efektif tanggun jawab dengan kemandirian belajar sebesar 10,61%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara percaya diri dan tanggung jawab dengan kemandirian belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sumbangan percaya diri dan tanggung jawab terhadap kemandirian belajar sebesar 53,60%. Kata kunci: percaya diri, tanggung jawab, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:05
Last Modified: 04 Nov 2022 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74946

Actions (login required)

View Item View Item