IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMBATIK SISWA KELAS V SD MENDIRO LENDAH KULON PROGO

Sari, Linda Aprilia (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMBATIK SISWA KELAS V SD MENDIRO LENDAH KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
LINDA APRILIA SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter kreatif pada siswa kelas V di SD Mendiro Lendah Kulon Progo. Implementasi pendidikan karakter dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, guru ekstrakurikuler membatik dan siswa kelas V SD Mendiro Kulon Progo. Subjek ditentukan dengan teknik purposive. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dam kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Mendiro Lendah Kulon Progo melaksanakan implementasi pendidikan karakter kreatif melalui kegiatan membatik dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilaksanakan dengan menyusun program ekstakurikuler membatik per semester di kelas V. Pelaksanaannya dapat dilihat dari proses membatik itu sendiri seperti membuat pola, mencanting, mewarna, nyelup, ngelorot, hingga mbabar yang dapat diamati kreatifitas siswa dalam ketekunan, ketelitian, dan kehati-hatian siswa. Kreatifitas siswa juga dapat diamati pada saat lomba yaitu melalui penuangan ide dalam pola batik, pelaksanaan proses memilih warna dan memadu padankan warna, hingga tercipta sebuah karya batik yang berbeda atau memiliki ciri khas sendiri. Kendala dan solusi terkait program pendidikan karakter kreatif pada kegiatan ekstrakurikuler membatik di Kelas V SD Mendiro Lendah Kulonprogo adalah adalah kurangnya buku-buku pendidikan karakter kreatif dan membatik untuk siswa sekolah dasar, belum adanya kurikulum batik, dan kurangnya alat yang digunakan secara pribadi oleh anak, Solusi dari kendala dan permasalahan pada kegiatan ekstrakurikuler membatik di Kelas V SD Mendiro Lendah Kulon Progo adalah dengan mencari referensi buku membatik untuk anak SD, mencari referensi di google, dan youtube. Selanjutnya, terkait dengan alat pribadi yang kurang biasanya guru membawa alat lebih banyak dan siswa juga membawa sendiri. Kata Kunci : pendidikan karakter kreatif, ekstrakurikuler, membatik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:53
Last Modified: 04 Nov 2022 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74945

Actions (login required)

View Item View Item