PENGELOLAAN PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MAARIF DONOROJO

Rihardini, Dwi Fitri Arie (2022) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MAARIF DONOROJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dwi Fitri Arie R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran guru dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V melalui pembelajaran matematika di MI Ma’arif Donorojo. Pengelolaan pembelajaran guru dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kesiswaan, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran oleh guru sudah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan dilakukan dengan cara mengoptimalkan program-program sekolah yang berkaitan dengan kreativitas siswa dan guru Menyusun RPP yang memuat 4C (Critical Thinking, Collaborative, Creativity, Communicative). Pelaksanaan dengan penerapan komponen kreativitas dan guru berperan sebagai fasilitator, mediator, motivator, dan teman belajar yang membuat kondusif sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Tahap evaluasi guru melakukan penilaian rutin menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi. Keberhasilan guru dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dilihat dari pemahaman siswa terhadap materi dan bisa menerapkannya dalam penyelesaian masalah. Kata kunci : pengelolaan guru, kreativitas, pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:50
Last Modified: 04 Nov 2022 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74944

Actions (login required)

View Item View Item