PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI SE-KECAMATAN PAKEM

Putri, Sukma Dewi Permana (2019) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI SE-KECAMATAN PAKEM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_sukma dewi permana putri_15101241006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, permasalahan dan strategi dalam memecahkan permasalahan pada pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Lokasi penelitian yaitu di 3 SD Negeri se-Kecamatan Pakem. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstuktur, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, data display, serta kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kepala SD Negeri se-Kecamatan Pakem melaksanakan supervisi akademik melalui tahapan, a. Perencanaan yaitu perumusan tujuan, penentuan jadwal pelaksanaan, prosedur dan apa saja yang perlu dipersiapkan oleh guru; b. Kepala sekolah tidak membentuk panitia; c. Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah menggunakan pendekatan langsung, tidak langsung dan kolaboratif. Teknik yang digunakan yaitu kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individu serta rapat. Instrument yang digunakan berupa angket dan catatan supervisi akademik; d. Penilaian dilakukan secara langsung. Penentuan hasil akhir menggunakan aplikasi dan catatan supervisi akademik; e. Pelaporan melalui proses identifikasi, analisis dan catatan hasil supervisi akademik; f. Evaluasi melalui rapat dan pertemuan individual; g. Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan analisis kebutuhan hasil supervisi. (2). Hambatan kepala sekolah terkait dengan pergeseran jadwal pelaksanaan supervisi akademik. (3) Strategi kepala sekolah dalam menghadapi permasalahan supervisi akademik dengan melakukan pergantian jadwal pelaksanaan supervisi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Academic Supervision, Principal, Elementary School
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:39
Last Modified: 04 Nov 2022 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74942

Actions (login required)

View Item View Item