PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH GONDANGLEGI

Rahmadhanty, Salsabilla Alifia (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH GONDANGLEGI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SALSABILLA ALIFIA R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan proses IPA, 2) pengaruh model problem based learning terhadap sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA, dan 3) pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen semu (quasi experiment) dengan non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Gondanglegi yang berjumlah 51 anak. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan populasi yang ada, dengan rincian kelas V A berjumlah 27 siswa dan kelas IV B berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes pilihan ganda keterampilan proses IPA dan angket sikap ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas univariat menggunakan uji kolmogorov-smirnov, uji homogenitas univariat, uji normalitas multivariat, uji homogenitas Box’s M, uji hipotesis secara univariat menggunakan independent sample t-test dan secara multivariate menggunakan Multivariate Analysis Of Variance (MANOVA) dengan rumus T2 Hotteling. Data dianalisis dengan independent sample t-test dan uji MANOVA dengan rumus T2 Hotteling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses IPA dengan nilai signifikansi posttest keterampilan proses IPA dalam independent sample t-test sebesar 0,001. 2) Model problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap ilmiah dengan nilai signifikansi posttest sikap ilmiah dalam independent sample t-test sebesar 0,026. 3) Model problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah dengan melakukan pengujian MANOVA dengan Hotteling’s Trace yang memiliki nilai signifikansi 0,000. Keseluruhan uji dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA kelas V SD Muhammadiyah Gondanglegi. Kata kunci: Problem based learning, keterampilan proses IPA, sikap ilmiah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:45
Last Modified: 04 Nov 2022 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74941

Actions (login required)

View Item View Item