STRATEGI PENGEMBANGAN KERJASAMA KOMUNITAS PENDIDIKAN “DIARY OF ERIX SOEKAMTI” (DOES) UNIVERSITY DENGAN DUNIA INDUSTRI KREATIF DIGITAL

Majda, Amkan (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN KERJASAMA KOMUNITAS PENDIDIKAN “DIARY OF ERIX SOEKAMTI” (DOES) UNIVERSITY DENGAN DUNIA INDUSTRI KREATIF DIGITAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_amkan majda_15101241024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi pengembangan kerjasama DOES University dengan dunia industri kreatif digital, (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk pengembangan kerjasama antara DOES University dengan dunia industri digital, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kerjasama DOES University dengan dunia industri kreatif digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatankualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pendiri dan pengurus serta siswa maupun alumni DOES University dan pelaku industri kreatif digital. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi komunitas pendidikan DOES University dalampengembangan kerjasama dengan dunia industri kreatif digital selama ini memiliki cara tersendiri, antara lain (a) ketertarikan dunia industri kreatif atas hasil output DOES University, (b) kerjasama yang dilakukan lebih ke arah industri yang datang dan menawarkan kerjasama, (c) selalu mendekatkan dengan industri kreatif digital, (d) selalu menyesuaikan materi yang diajarkan dan dibutuhkan bagi para siswa nanti, (e) melakukan pendekatan kedua belah pihak untuk saling mengembangkan kerjasama, (f) memperbarui pengetahuan Teknologi dan Informatika. (2) Adapun bentuk kerjasama yang telah dihasilkan bagi DOES University dengan pelaku industri kreatif antara lain (a) sebuah project yang dikerjakan DOES University sebagai sub studio yang bersifat pembelajaran dan mendukung sumberdaya keuangan (b) pelaku industri datang memberikan informasi dan meminta lulusan dengan standar kompetensi yang diinginkan industri. (3) Faktor yang mendukung sebagai berikut, (a) kapasitas alumni meningkatkan eksistensi serta reputasi DOES University, (b) kepercayaan orangtua siswa dari tahun ke tahun semakin tinggi, (c) peran Founder DOES University sebagai publicfigure, (d) DOES University memiliki sosial media berupa channelyoutube dan instagram sebagai media penyampain informasi. Hambatan yang terjadi hanya pernah mengalami ketidaksesuaian standar kompetensi siswa dengan standar industri yang diinginkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Kerjasama
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 04 Nov 2022 01:59
Last Modified: 04 Nov 2022 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74940

Actions (login required)

View Item View Item