MODEL MANAJEMEN SEKOLAH SEHAT FISIK DAN NIRFISIK DI SEKOLAH DASAR

Rahmawati, Tina (2022) MODEL MANAJEMEN SEKOLAH SEHAT FISIK DAN NIRFISIK DI SEKOLAH DASAR. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_tina rahmawati_17704269003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun dan menemukan konstruksi model manajemen sekolah sehat secara fisik dan nirfisik di sekolah dasar yaitu dengan mengintegrasikan aspek fisik dan nirfisik melalui internalisasi komponen nilai kebersamaan dan pembiasaan di kelas dan di sekolah. . Penelitian ini menggunakan pendekatan mixing method dengan menggunakan strategi eksploratoris sekuensial. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi partisipan, dokumentasi dan angket. Validitas angket menggunakan expert judgement sedangkan keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu, teknik triangulasi, membercheck, rich and thick description, peer debriefings dan external auditor.Analisis data untuk pendekatan kualitatif menggunakan model analisis interaktif dan pendekatan kuantitatif menggunakan statistik deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Penyelenggaraan sekolah sehat mencakup aspek fisik dan nirfisik sebesar 93,94% dan 90,57% . Aspek fisik terpenuhinya standar dalam panduan lomba sekolah sehat. Aspek nirfisik sosial budaya mendukung kebersamaan, kerukunan dan pembiasaan di kelas, membangun tanggung jawab dan kegiatan bersama juga empati, kesopanan, dan rasa hormat antar warga sekolah dalam menerapkan norma, nilai dan tradisi. 2) Komponen nilai-nilai yang mendukung manajemen sekolah sehat fisik dan nirfisik di sekolah dasar yaitu internalisasi nilai kekeluargaan, kebersamaan, peduli lingkungan, empati, entrepreneurship, dan keteladanan sebesar 90,42%; 3) Konstruksi model manajemen sekolah sehat fisik dan nirfisik sistemikkolaboratif, berbasis networking, role model dan habitualisasi, meliputi (a) Model perencanaan sekolah sehat yaitu sistemik-kolaboratif, yaitu dengan melibatkan stakeholder untuk berkolaborasi melibatkan siswa dalam menyusun aktivitas/kegiatan pembiasaan yang terintegrasi dengan nilai-nilai sosial budaya dalam kelas dan membangun kesadaran warga sekolah; (b) Model pengorganisasian membangun literasi kesehatan dan data perkembangan kesehatan siswa, membangun networking; serta membangun timbal balik (harmonisasi) saling membantu antar warga sekolah; (c) Model pelaksanaan sekolah sehat melalui pendekatan dengan keteladanan yaitu model keteladanan perilaku seseorang (role model) terutama kepala sekolah dan guru; habitualisasi (pembiasaan) dengan pengintegrasian aspek nirfisik pada kegiatan pembelajaran; dan pembentukan lingkungan aman dan disiplin; (d) Model pengawasan sekolah sehat adalah manajemen kontrol internal melalui apresiasi keberhasilan, kontrak pembelajaran, dan membangun kepercayaan.4) Hasil penilaian kepala sekolah dan guru terhadap model manajemen sekolah sehat fisik dan nirfisik sistemikkolaboratif, berbasis networking, role model dan habitualisasi kategori sangat baik rerata skor 4.51 dan 4.56.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model, manajemen sekolah sehat, fisik dan nirfisik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:07
Last Modified: 03 Nov 2022 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74931

Actions (login required)

View Item View Item