DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DALAM MATERI OPERASI PADA PECAHAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 2 JETIS BANTUL

Angelina Dwi, Marsetyorini and Ch. Enny, Murwaningtyas (2012) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DALAM MATERI OPERASI PADA PECAHAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 2 JETIS BANTUL. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-12. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 7.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa sajakah yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal operasi pada pecahan bentuk aljabar, faktor penyebab kesulitan belajar siswa, dan mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran remedial dalam membantu mengatasi kesulitan belajar siswa ketika mengerjakan soal operasi pada pecahan bentuk aljabar. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Jetis Bantul dengan subjek penelitian adalah siswa-siswa kelas VIII C yang belum mencapai ketuntasan belajar pada materi operasi pada pecahan bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi kelas, pemberian tes awal yang juga sebagai tes diagnostik untuk mengetahui kesulitan siswa yang dilihat dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa ketika mengerjakan soal operasi pada pecahan bentuk aljabar; wawancara guru dan siswa untuk mengetahui faktor penyebab timbulnya kesulitan belajar; serta tes remedial yang digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran remedial dalam membantu mengatasi kesulitan belajar dalam materi operasi pada pecahan bentuk aljabar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa terletak pada kesalahan dalam memahami materi pecahan bentuk aljabar, serta kurangnya penguasaan materi prasyarat seperti materi faktorisasi bentuk aljabar, operasi hitung bentuk aljabar, dan operasi hitung bilangan bulat. Selain itu, penyebab lain yang menimbulkan kesulitan belajar ini seperti situasi pembelajaran yang kurang mendukung maupun kebiasaan belajar dari siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa diagnosis kesulitan dan pembelajaran remedial cukup dapat membantu untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam materi operasi pada pecahan bentuk aljabar. Kata kunci: Diagnosis, Pembelajaran Remedial, Kesulitan Belajar, Operasi pada Pecahan Bentuk Aljabar.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 22 Nov 2012 00:32
Last Modified: 22 Nov 2012 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7493

Actions (login required)

View Item View Item