POLA KERJA SEKOLAH MODEL GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DI SD NEGERI REJODANI SLEMAN DAN SD MUHAMMADIYAH MANTARAN SLEMAN

Sari, Cholida Romaya (2019) POLA KERJA SEKOLAH MODEL GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DI SD NEGERI REJODANI SLEMAN DAN SD MUHAMMADIYAH MANTARAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_cholida romaya sari_15101241009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kerja sekolah model Gerakan Sekolah Menyenangkan di SD Negeri Rejodani Sleman dan SD Muhammadiyah Mantaran Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan beberapa guru di SD Negeri Rejodani Sleman dan SD Muhammadiyah Mantaran Sleman. Pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumen. Pengolahan data menggunakan teknik analisis data Model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di SD Negeri Rejodani dan SD Muhammadiyah Mantaran pada tahun pelajaran 2018/2019 dilaksanakan melalui tahap perencanaan, koordinasi, dan pengawasan. 2) faktor pendukung dalam pelaksanaan GSM di SD Negeri Rejodani ditemukan pada penerapan metode pembelajaran yang bervariasi oleh guru, perubahan baik pada karakter siswa, semangat belajar siswa meningkat, partisipasi wali siswa yang tinggi, serta bantuan wali siswa dalam pelaksanaan program berupa barang dan tenaga. Sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan GSM di SD Muhammadiyah Mantaran ditemukan pada tingginya kreativitas guru, tingginya partisipasi wali siswa, dan lingkungan sekolah dengan suasana tenang dan kualitas udara yang baik. Faktor penghambat dalam pelaksanaan GSM di SD Negeri Rejodani adalah ketidaksesuaian sistem evaluasi hasil belajar berupa ujian pada kelas VI dengan prinsip GSM. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan GSM di SD Muhammadiyah Mantaran adalah keterbatasan jumlah SDM dan keterbatasan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Sekolah Menyenangkan, Implementation, support and inhibitors.
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:09
Last Modified: 03 Nov 2022 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74927

Actions (login required)

View Item View Item