IDENTIFIKASI KEBUTUHAN GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG

Hayon, Petronela Lito (2019) IDENTIFIKASI KEBUTUHAN GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_petronela lito hayon_15101244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Penelitian pada tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan guru Taman Kanak-kanak di kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Penelitian yang dilakukan juga akan bertujuan untuk mengetahui kecukupan guru TK, syarat yang harus dipenuhi guru TK dan mengetahui kendala dan upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhanguru TK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kecamatan Ngablak, sumber data penelitian ini meliputi guru TK dan kepala sekolah TK dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan guru TK di kecamatan sebagian besar telah terpenuhi.Dengan jumlah TK 16, sebanyak sembilan TK atau 56,25% telah tercukupi. Sementara sekolah TK yang kekurangan guru TK berjumlah 7 atau 43,75%. Syarat kualifikasi pendidikan guru TK haruslah S1 PAUD, atau pendidikan sejenis yang sesuai dengan bidangnya. Faktanya masih ditemui guru TK yang lulusan D-II, SMA dan SMK. Dari 40 guru, lulusan SMA berjumlah 29, D-II berjumlah 3 dan SMA/SMK berjumlah 8. Berdasarkan data, diperoleh syarat lain yang harus dipenuhi sebagai guru TK yaitu berkepribadian baik, cerdas, sayang pada anak kecil, ramah, sabar, ikhlas, kreatif, pejuang, telaten, jujur, kerja keras, serta tanggung jawab dan insentif. Kendala yang dihadapi dalam pemenuhan pendidik PAUD yaitu karena sulit mencari lulusan S1 yang bersedia menjadi pendidik PAUD dan rendahnya gaji. Upaya yang dilakukan diantaranya melakukan koordinasi dengan desa, PKK dan UPT agar adanya perhatian pada kebutuhan pendidik dan tunjangan untuk para pendidik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan guru, Guru Taman Kanak-kanak, Kualifikasi, Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:02
Last Modified: 03 Nov 2022 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74926

Actions (login required)

View Item View Item