MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA

Ambarura, Petrus (2022) MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_petrus ambarura_15704269005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen Pendidikan Guru Khas Papua yang efektif untuk menyiapkan guru sekolah dasar di Papua. Model pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk dalam penelitian ini adalah model Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Lokasi penelitiannya meliputi KPG khas Papua (Merauke), KPG khas Papua (Timika), dan KPG khas Papua (Nabire). Jumlah responden yang dilibatkan mencapai 64 orang responden. Untuk mengetahui tingkat efektivitas, efisiensi, dan dampak model hasil pengembangan menggunakan analisis matematis (persentase) dan untuk uji empiriknya menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini yaitu, 1) model manajemen pendidikan guru khas Papua yang dijalankan selama ini masih menggunakan standar ganda akibat adanya dua kebijakan yang mendasari pendiriannya; 2) kelemahan model manajemen pendidikan guru khas Papua yang sudah berjalan selama ini terletak pada manajemen yang masih rancu diakibatkan berada dalam tiga lembaga yang sama-sama menaungi keberadaan KPG yaitu UNCEN, Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, serta Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik; 3) model manajemen pendidikan guru khas Papua yang efektif dan efisien untuk menyiapkan guru sekolah dasar di Papua adalah model manajemen KPG khas Papua yang pengelolaannya dilakukan oleh pihak KPG sendiri dan berada dibawah satu lembaga yang menaungi agar tidak menimbulkan double standard (pengelolaan berganda); 4) tingkat efektivitas model manajemen pengelolaan KPG khas Papua untuk menyiapkan guru sekolah dasar di Papua dengan hasil pengembangan mencapai 87,17%; mengalami peningkatan sebesar 11,05% dari efektivitas model lama yang hanya sebesar 76,11%; 5) tingkat efisiensi model manajemen KPG khas Papua untuk menyiapkan guru sekolah dasar di Papua dengan hasil pengembangan mencapai 87,40%; mengalami peningkatan sebesar 12,10% dari efektivitas model lama yang hanya sebesar 75,39%; 6) dampak penerapan model manajemen KPG khas Papua hasil pengembangan terhadap kemudahan guru dalam menjalankan tugasnya di KPG khas Papua mencapai nilai persentase sebesar 84,25% sementara dampak dari model lama hanya 71,97% dengan peningkatan sebesar 12,28%

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model manajemen, guru SD, khas Papua, KPG
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:24
Last Modified: 03 Nov 2022 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74919

Actions (login required)

View Item View Item