PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BAGI SISWA KELAS IV SDN 2 SRANDAKAN

Maylani, Shinta (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BAGI SISWA KELAS IV SDN 2 SRANDAKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Shinta Maylani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini didapatkan dari hasil analisis kebutuhan media di kelas IV SD Negeri 2 Srandakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa sulit memahami materi dan juga guru membutuhkan media yang dapat membuat siswa berinteraksi langsung dengan media. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif yang layak digunakan untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi keberagaman budaya di Pulau Jawa kelas IV SD Negeri 2 Srandakan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model Borg & Gall dengan melalui 7 dari 10 langkah penelitian. Adapun ketujuh langkah tersebut yaitu pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 12 siswa kelas IV SD Negeri 2 Srandakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi keberagaman budaya di Pulau Jawa kelas IV. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi media dengan skor rata-rata 4,30 dan hasil validasi materi dengan skor rata-rata 4,07 yang termasuk pada kategori “layak”. Hasil penilaian guru pada uji lapangan awal memperoleh skor 4,70 yang menunjukkan hasil dengan kategori “layak”. Hasil penilaian siswa pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama secara berurutan mendapatkan skor rata-rata 4,61 dan 4,6 yang menunjukkan hasil dengan kategori “layak” disetiap hasil uji coba lapangan. Kata kunci: multimedia interaktif, keberagaman budaya, kelas IV.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 05:05
Last Modified: 03 Nov 2022 05:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74912

Actions (login required)

View Item View Item