PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEMATIK KELAS 4, 5, DAN 6 DI SD 1 SALAKAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

Rahmasari, Audia Wahyu (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEMATIK KELAS 4, 5, DAN 6 DI SD 1 SALAKAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_audia wahyu rahmasari_15101241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis tematik kelas 4, 5, dan 6 di SD 1 Salakan Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2018/2019 Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Lokasi penelitian yaitu di SD 1 Salakan Banguntapan Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumetasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif- kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis tematik kelas 4, 5, dan 6 di SD 1 Salakan Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2018/2019: (a) Perencanaan, pada tahap ini RPP yang digunakkan guru kelas 4, 5, dan 6 sudah lengkap dan terstruktur, kemudian pada komponen dan isinya lengkap untuk pedoman pelaksanaan pembelajaran guru, namun RPP tersebut tidak dibuat sendiri oleh guru, melainkan guru menggunkan RPP yang sudah ada, (b) Pada tahap pelaksanaan semua guru kelas 4, 5, dan 6 melaksanakan kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup. Pada tahap awal semua guru melaksanakan kegiatan yang sama yakni menucapkan salam dan berdo’a sebelum memulai pelajaran, pada kegiatan inti dalam pemaparan materi, guru kelas 4, 5, dan 6 tidak menyelesaikan semua materi pembelajaran karena terkendala waktu, (c) Pada tahap evaluasi ini adalah hasil nilai siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah, nilai yang diperoleh siswa kelas 4, 5, dan 6 sudah di atas rata-rata yakni di atas 75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementation of learning, thematic
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 05:13
Last Modified: 03 Nov 2022 05:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74911

Actions (login required)

View Item View Item