i ANALISIS KESIAPAN SEKOLAH DALAM PENERAPAN GERAKAN NASIONAL SADAR TERTIB ARSIP DI SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS WILAYAH SLEMAN

Maryani, Fitri (2019) i ANALISIS KESIAPAN SEKOLAH DALAM PENERAPAN GERAKAN NASIONAL SADAR TERTIB ARSIP DI SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS WILAYAH SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_fitri maryani_15101241026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan sekolah di bidang pengelolaan arsip persuratan dalam penerapan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip yang dinilai dari empat aspek yaitu kebijakan, prasarana dan sarana, tenaga pengelola, dan sistem pengelolaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah tenaga pengelola persuratan SMA dan SMK di Wilayah Sleman yang berjumlah 14 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase setiap aspek dalam penilaian sekolah dalam penerapan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip pada seluruh sekolah. Aspek kebijakan memperoleh persentase terbesar yaitu 82,14% menunjukkan kriteria “Sangat Siap”. Aspek prasarana dan sarana seluruh sekolah memperoleh 57,58% dengan kriteria “Siap”. Aspek tenaga pengelola pada seluruh sekolah sebesar 65,62% dengan kriteria “Siap”. Aspek sistem pengelola pada seluruh sekolah sebesar 58,03% yang menunjukkan kriteria “Siap”. Artinya jika Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip diterapkan maka sekolah sudah siap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: school readines, Archive Conscious National Movement
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:44
Last Modified: 03 Nov 2022 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74909

Actions (login required)

View Item View Item