PENGEMBANGAN MODEL PEMNJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH

Asmui, Ali (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMNJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ali asmui_17704269005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Capaian hasil Pengembangan model Penjaminan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah (PMPMA) di Daerah Istimewa Yogyakarta belum merata dan kelangsungan akses pemenuhan mutu pendidikan Madrasah Aliyah (MA) Reguler kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui model PMPMA yang ada selama ini, (2) menemukan kelemahan model PMPMA; (3) mengembangkan model PMPMA yang efektif, efisien, dan praktis untuk peningkatan mutu; (4) langkah pengembangan model PMPMA; dan (5) menemukan tingkat Efektivitas, Efisiensi, dan Kepraktisan (EEK) model PMPMA dari hasil pengembangan. Metode penelitian menggunakan pengembangan model Borg & Gall, 10 langkah disedehanakan menjadi tiga langkah yaitu: (1) pendahuluan, (2) pengembangan model, dan (3) uji coba model. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, FGD, dan angket penilaian-validitasi produk hasil pengembangan model, data analisis deskriptif kualitatif-kuantitatif. Objek penelitian; MAN 1 Yogyakarta, MAN 3 Sleman, dan MAN 3 Bantul. Hasil penelitian adalah: (1) model PMPMA selama satu dekade, ada tiga tahap: (a) Tahun 2012 desain konsep dasar penyelenggaraan Rintisan Madrasah Unggul Madrasah Aliyah (RMUMA) dengan pemetaan mutu madrasah, (b) implementasi RMUMA tahun 2013-2016 melalui instrumen ISO 9001: 2000, (c) tahun 2017-2020, piloting pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan mandiri mengacu Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kebijakan mutu, berdampak positif terhadap perkembangan desain tata kelola mutu lembaga dan meningkatkan capaian prestasi akademik madrasah rintisan; (2) kelemahan model penjaminan mutu MA adalah: (a) capaian mutu pendidikan madrasah binaan Kemenag DIY belum merata, terbatas piloting mutu yang berdampak akses pemenuhan fasilitas peningkatan mutu madrasah dan pengembangan standar mutu pendidikan; (b) sebaliknya, keberlangsungan akses pemenuhan standar mutu pendidikan MA-Reguler kurang maksimal. (3) model PMPMA yang efektif, efisien, dan praktis untuk semua madrasah adalah produk pengembangan model PMPMA; (4) langkah pengembangan model PMPMA yaitu: (a) melaksanakan lima siklus penjaminan mutu pendidikan, (b) melakukan tiga langkah pengembangan standar mutu pendidikan meliputi inputs, proses, dan outputs. Pendukung mutu dengan menegakkan lima dasar nilai budaya kerja Kemenag: integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan didasari motto spirit ikhlas beramal demi terwujudnya kepastian peningkatan mutu kinerja dan tercipta budaya mutu pendidikan internal madrasah; (5) tingkat EEK model PMPMA berdasarkan hasil uji produk sangat bagus dan produk layak digunakan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan model, penjaminan mutu pendidikan, dan madrasah aliyah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:36
Last Modified: 03 Nov 2022 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74905

Actions (login required)

View Item View Item