MODEL MANAJEMEN USTAZ PONDOK PESANTREN DI YOGYAKARTA

Najib, Khotim Hanifudin (2022) MODEL MANAJEMEN USTAZ PONDOK PESANTREN DI YOGYAKARTA. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_khotim hanifudin najib_17704261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Salah satu komponen yang sangat berperan penting terhadap kemajuan pondok pesantren adalah ustaz. Para ustaz atau pengasuh pondok pesantren hampir 24 jam penuh bersama para santri. Mereka merupakan sumber daya pondok yang paling banyak berinteraksi dengan para santri, baik interaksi dalam kehidupan sehari-hari maupun interaksi dalam pembelajaran di kelas. Namun ustaz di pondok pesantren belum dikelola secara maksimal. Mulai dari mereka direkrut, hingga pengembangan kompetensinya. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan model manajemen ustaz di pondok pesantren. Lokasi penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Nurul Ummah Yogyakarta, Nurul Ummah Putri dan Pondok Pesantren Diponegoro. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mix Methode) dengan rancangan Sequential Exploratory. Metode pertama menggunakan penelitian kualitatif dan metode kedua melakukan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket. Subjek penelitian antara lain ketua umum, kepala madrasah diniyah, kepala asrama siswa, wakil kepala bagian kurikulum dan kesiswaan serta para ustaz pondok pesantren. Keabsahan data dengan triangulasi, member check, transferabilitas, depandability, dan confirmability. Data dianalisis dengan model interaktif Miles & Huberman yang dilakukan secara interaktif melalui kegiatan penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan teknik analisis deskripsi kuantitatif, uji F dan koefisien determinasi R. Hasil penelitian ini adalah; (1) kondisi yang mempengaruhi perlunya pondok pesantren melakukan manajemen ustaz ada yaitu perubahan dan perkembangan zaman dan semangat masyarakat untuk sekolah di pondok; (2) proses manajemen ustaz terdiri dari beberapa kegiatan yaitu analisis kebutuhan, perekrutan dan pemilihan, penempatan, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja ustaz, kompensasi; (3) kondisi spesifik yang mempengaruhi manajemen ustaz di antaranya kepercayaan, rasa kepemilikan dan loyalitas, kondisi umum yang mempengaruhi manajemen ustaz yaitu persepsi atau mindset pengelola terhadap manajemen pondok pesantren, kepemimpinan Kyai dan tradisi pondok pesantren yang telah lama ada; (4) Kondisi kausal, kondisi umum dan spesifik secara bersama-sama terbukti dapat memprediksi efektivitas manajemen ustaz pondok pesantren dengan kontribusi sebesar 48,4%.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: manajemen SDM pendidikan, manajemen ustaz, pondok pesantren
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:17
Last Modified: 03 Nov 2022 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74903

Actions (login required)

View Item View Item