KEPEMIMPINAN DISRUPTIF PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Rahayu, Sri (2022) KEPEMIMPINAN DISRUPTIF PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_sri rahayu_18704264001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) menemukan gambaran kepemimpinan disruptif pada lembaga PAUD saat ini, (2) menemukan keterampilan-keterampilan yang mempengaruhi implementasi kepemimpinan disruptif pada penyelenggaraan PAUD di era revolusi industri 4.0 saat ini, dan (3) menguji hipotesis keterampilanketerampilan yang mempengaruhi kepemimpinan disruptif pada lembaga PAUD di revolusi industri 4.0 yang terbukti secara empiris. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian campuran dengan model sequential exploratory. Untuk penelitian kualitatif, key informan ialah Kepala PAUD. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Responden penelitian bersifat snowball yang meliputi: guru, dan para wali murid PAUD. Keabsahaan data dilakukan: kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Mile & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk penelitian kuantitatif, populasinya adalah 51 guru PAUD. Besar sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh 46 guru PAUD. Teknik sampling menggunakan random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang dibagikan. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk oleh dua ahli. Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan persentase dan regresi ganda meliputi analisis korelasi antar variabel, determinasi, uji F, dan uji T. Teknik analisis data menggunakan persentase dan regresi ganda meliputi analisis korelasi antar variabel, determinasi, uji F, dan uji T. Untuk meyakinkan bahwa data yang didapatkan benar-benar dapat diuji menggunakan regresi berganda; terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat. Hasil penelitian adalah: (1) Gambaran kepemimpinan disruptif pada lembaga PAUD yang terjadi selama ini adalah kepemimpinan: Partisipatif dan distributif yang berkembang menjadi kepemimpinan disruptif; (2) keterampilanketerampilan yang mempengaruhi kepemimpinan disruptif adalah ketangkasan kepemimpinan, keterampilan interprofesional, kesopanan dan inklusivitas, komunikasi strategi, kecerdasan emosional, kemampuan literasi digital, dan kreativitas sebagai novelty dari penelitian ini; dan (3) struktur keterampilan yang mempengaruhi secara signifikan kepemimpinan disruptif adalah variabel kepemimpinan interprofesional, kecerdasan emosional, dan kreativitas. Ada pengaruh signifikan kepemimpinan interprofessional, kecerdasan emosional, dan kreativitas terhadap kepemimpinan disruptif. Sementara itu, variabel ketangkasan kepemimpinan, variabel kesopanan dan inklusivitas, variabel komunikasi strategi, dan variabel kemampuan literasi digital tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepemimpinan disruptif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, disruptif, anak usia dini, revolusi industri 4.0
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:04
Last Modified: 03 Nov 2022 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74900

Actions (login required)

View Item View Item