INTEGRASI KECAKAPAN HIDUP SISWA MELALUI PENGALAMAN BELAJAR MATEMATIKA KONTEKS DUNIA NYATA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Andri, Anugrahana (2012) INTEGRASI KECAKAPAN HIDUP SISWA MELALUI PENGALAMAN BELAJAR MATEMATIKA KONTEKS DUNIA NYATA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-10. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 4.pdf

Download (67kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Pendidikan kecakapan hidup bukanlah membentuk mata pelajaran - mata pelajaran baru, tetapi mensinergikan berbagai mata pelajaran menjadi kecakapan hidup yang diperlukan seseorang, di manapun ia berada, bekerja atau tidak bekerja, apapun profesinya. Kecakapan hidup di Sekolah Dasar difokuskan pada General Life Skill (GLS) yang mencakup kesadaran diri atau kecakapan personal (self awareness), kecakapan berpikir rasional (thinking skill) dan kecakapan sosial (social skill). GLS merupakan fondasi kecakapan hidup yang akan diperlukan untuk mempelajari kecakapan hidup berikutnya dan bahkan untuk terjun dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan kecakapan hidup siswa di sekolah dasar memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetensi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga pendidikan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh hasil maksimal. Pembelajaran kecakapan hidup tersebut pada hakikatnya adalah pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pelaku belajar. Siswa mempunyai kesempatan untuk belajar aktif, baik mental maupun fisik, dan hal ini dapat diperoleh bila lingkungan belajar dibuat menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran matematika yang dikembangkan adalah pembelajaran matematika dalam konteks dunia nyata siswa. Dimana pembelajaran matematika diawali dengan konteks dunia nyata siswa. Siswa dilibatkan secara aktif dalam setiap pembelajaran dan membuat siswa mengalami sendiri dan memperoleh pengalaman, interaksi, komunikasi, dan refleksi. Siswa akan belajar banyak melalui perbuatan beroleh pengalaman langsung. Kata kunci: kecakapan hidup, konteks dunia nyata , siswa sekolah dasar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kecakapan hidup, konteks dunia nyata , siswa sekolah dasar
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 22 Nov 2012 00:32
Last Modified: 22 Nov 2012 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7490

Actions (login required)

View Item View Item