IMPLEMENTASI KARAKTER ULIL ALBAB PADA KULTUR MADRASAH ALIYAH NEGERI I YOGYAKARTA

Nugroho, Setiadi (2019) IMPLEMENTASI KARAKTER ULIL ALBAB PADA KULTUR MADRASAH ALIYAH NEGERI I YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_setiadi nugroho_15101241044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan karakter ULIL ALBAB bidang akademik, (2) pelaksanaan karakter pada bidang non akademik, dan (3) kendala pelaksanaan karakter ULIL ALBAB pada kultur Madrasah Aliyah Negeri I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari Wakil Kepala Kurikulum, Wakil Kepala Kesiswaan, Wali Kelas 10, 11, 12, dan Guru Bidang dan Siswa. Lokasi penelitian di MAN I Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles, Hubberman dan Saldana. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Penerapan karakter unggul dibidang akademik terdapat program les tambahan, menghasilkan lulusan tahun 2018 diterima di Perguruan Tinggi Negeri sejumlah 77% yaitu 175 dari 228 siswa, perolehan nilai UN terdapat peningkatan peringkat se-DIY yaitu peringkat 26 menjadi 22. Penerapan karakter ilmiah terdapat perlombaan KTI dan penelitian, terdapat prestasi skala internasional di Malaysia tahun 2018. (2) Penerapan karakter dibidang non akademik yaitu pada karakter amaliyah terdapat program rutin kunjungan ke panti asuhan. Penerapan karakter ibadah terdapat ibadah wajib dan sunnah, pada kegiatan baca Al – Quran jadwal tersusun dengan baik. Penerapan karakter tanggung jawab pada lingkungan terdapat program go green. (3) Kedala penerapan karakter (a) non akademik peserta didik terlambat menjalankan ibadah, pada pelaksanaan kebersihan lingkungan terdapat sampah yang dibuang sembarangan, (b) bidang akademik peserta didik terkendala memahami tugas dibidang matematika, dan peserta didik mengumpulkan tugas tidak tepat waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi karakter, Karakter ULIL ALBAB, kultur madrasah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:59
Last Modified: 03 Nov 2022 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74899

Actions (login required)

View Item View Item