PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMK DI KOTA PALEMBANG

Sari, Maya Novita (2022) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMK DI KOTA PALEMBANG. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_maya novita sari_17704261006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model manajemen pembelajaran berbasis kewirausahaan (MENARA BERKAH) yang praktis pada siswa SMK di Kota Palembang yang meliputi aspek pengambilan keputusan, perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, monitoring dan evaluasi pada tingkatan top manager dan first line manager. Desain penelitian menggunakan model R and D, pertama tahapan pra pengembangan meliputi studi pendahuluan yaitu studi literatur, studi lapangan, pengisian angket dan FGD, kedua pengembangan model meliputi perumusan model, validasi model oleh 10 orang praktisi, validasi model oleh 10 orang ahli, dan revisi model, ketiga uji coba terbatas oleh 5 orang praktisi, uji coba kelompok kecil oleh 10 orang praktisi, Uji coba diperluas oleh 32 praktisi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model manajemen pembelajaran berbasis kewirausahaan pada SMK di Palembang yang telah berjalan selama ini adalah model TEFA, kelemahan dan hambatan dalam implementasi model yang telah ada selama ini diantaranya belum melibatkan DUDI dan masyarakat dalam proses pengelolaan pembelajaran, belum adanya pedoman khusus di tingkat lokal sekolah yang dirumuskan sebagai pedoman bagi manajemen pembelajaran kompetensi keahlian Tata Boga berbasis kewirausahaan, program tahunan belum menyentuh ranah kewirausahaan, peningkatan kompetensi SDM guru tidak intensif dan berkala, materi pada kompetensi kejuruan belum terintegrasi dengan nilai kewirausahaan, komponen kewirausahaan belum komprehensif, sistem model baru sebatas tanggung jawab sekolah untuk menghasilkan produk unggulan dan bersifat sementara, proses kewirausahaan yang berjalan belum melibatkan siswa secara utuh, monitoring dan evaluasi yang dilakukan tidak mendapat follow-up dari pihak sekolah. 2) Model konseptual, model manajemen pembelajaran berbasis kewirausahaan (MENARA BERKAH) pada siswa SMK di Kota Palembang dinyatakan layak secara teoritik berdasarkan validasi ahli dan pengguna, serta layak secara empiris berdasarkan uji coba terbatas, kecil dan diperluas. Model konseptual terdiri dari dua aspek yaitu aspek pelaksana manajemen pembelajaran dan aspek kompetensi kewirausahaan siswa. 3) Kelayakan model manajemen pembelajaran berbasis kewirausahaan pada siswa SMK di kota Palembang berdasarkan penilaian praktisi mendapatkan rerata 4,72 dari skala 5 dan penilaian kelayakan model dari ahli mendapatkan rerata 4,29 dari skala 5 sehingga model dapat dikatakan layak. 4) Hasil uji coba isi model mencapai 4,45 dan hasil uji keterterapan model mencapai 4,76 dari rentang skor 1 sampai skor 5 sehingga keseluruhan hasil uji coba praktis untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, kewirausahaan, Tata Boga
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:57
Last Modified: 03 Nov 2022 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74898

Actions (login required)

View Item View Item