PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI DI KABUPATEN BANTUL

Junianingsih, Desi (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_desi junianingsih_15101241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa, (2) Pengaruh motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa, (3) Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi penelitian adalah semua guru pengampu UN SMP Negeri di Kabupaten Bantul yang berjumlah 188 guru. Sampel yang diambil sejumlah 120 guru yang ditentukan dengan teknik simple random sampling sesuai tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri di Kabupaten Bantul sebesar 24,1%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja guru terhadap belajar siswa kelas IX SMP Negeri di Kabupaten Bantul sebesar 25%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap belajar siswa kelas IX SMP Negeri di Kabupaten Bantul sebesar 29,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Kerja Guru, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:49
Last Modified: 03 Nov 2022 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74896

Actions (login required)

View Item View Item