PENGEMBANGAN SISTEM PENGAWASAN UNTUK PENINGKATAN MUTU SEKOLAH

Yulia, Sri Prihartini (2021) PENGEMBANGAN SISTEM PENGAWASAN UNTUK PENINGKATAN MUTU SEKOLAH. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_sri prihartini yulia_17704261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem pengawasan pendidikan yang efektif, efisien, dan praktis untuk peningkatan mutu sekolah. Untuk menghasilkan sistem tersebut digunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap analisis menggunakan metode penelitian kualitatif, yang dilakukan dengan pengamatan pelaksanaan pengawasan, wawancara kepada para pengawas dan studi dokumentasi hasil pengawasan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut selanjutnya digunakan untuk mengembangkan desain Sistem Pengawasan Baru. Sistem pengawasan yang dikembangkan menerapkan fungsi detector, asesor dan efektor. Sebelum diujicoba lapangan terbatas, sistem tersebut telah diuji oleh para hali dan praktisi. Berdasarkan saran dari ahli dan praktisi, selanjutnya digunakan untuk mengembangkan sistem yang siap untuk diucocoba lapangan (development). Uji coba lapangan dilaksanakan di Seluruh Kabupaten/ Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabupaten: Sleman, Bantul, Gunugkidul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta) dengan metode eksperimen dengan model One Group Pretest-Postes. Evaluasi hasil ujicoba lapangan mencakup efektivitas, efisiensi dan kepraktisan produk. Pengawasan pendidikan hasil pengembangan di namakan: Sistem Pengawasan Trio DAE. Hasil pengujian terbatas menunjukkan bahwa efektivitas pengawasan = 94,47%, efisiensi = 93,83% dan kepraktisan dengan nilai 95,82%. Sistem pengawasan pendidikan ini selanjutnya diberi nama Trio DAE. Sistem pengawasan ini dilakukan oleh 3 peran detektor, asesor, dan efektor dan saling terhubung dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi agar terjadi peningkatan mutu sekolah. Peran detektor dilakukan oleh kepala sekolah. Kepala sekolah bersama TIM SPMI mengidentifikasi kondisi nyata dengan melakukan pengawasan menyeluruh seluruh kegiatan sekolah. Hasil identifikasi ini dilaporkan kepada Dinas Pendidikan melalui pengawas sekolah. Dinas Pendidikan dan pengawas sekolah dalam peran sebagai efektor melakukan tindak lanjut. Pengawas sekolah juga memiliki peran sebagai asesor. Pada peran ini, pengawas sekolah melakukan audit pada kinerja kepala sekolah dan pemantauan 8 Standar Nasional Pendidikan. Asesor akreditasi mengases kinerja sekolah yang datanya harus ditindaklanjuti oleh efektor yang berperan sebagai eksekutor. Eksekutor yang berperan sebagai provider melakukan pemenuhan sarana prasarana, PTK, maupun pembiayaan sesuai dengan standar. X Peran efektor dalam kapasitas sebagai eksekutor melakukan pemberian penghargaan dan sanksi. Pengembang kapasitas melakukan coaching maupun mentoring kepada guru dan kepala sekolah. Peran ini dapat dilakukan oleh pengawas sekolah. Peran network enhancer membantu meningkatkan mutu dengan mengembangkan sekolah dengan jejaring yang lebih luas. Gerakan seluruh komponen dalam sistem pengawasan ini meningkatkan kinerja guru, kinerja kepala sekolah, dan hasil belajar murid sebagai wujud peningkatan mutu dengan memanfaatkan TIK.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengawasan, peningkatan mutu, sistem
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:50
Last Modified: 03 Nov 2022 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74895

Actions (login required)

View Item View Item