MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH RAMAH ANAK (MKKS-SRA) DI SMP KOTA YOGYAKARTA

Suyud, Suyud (2022) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH RAMAH ANAK (MKKS-SRA) DI SMP KOTA YOGYAKARTA. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_drs. suyud, m.pd._13704261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah Ramah Anak (SRA) yang berjalan selama ini, (2) menemukan kelemahan-kelemahan kepemimpinan Kepala Sekolah Ramah Anak (SRA) yang berjalan selama ini Di SMP Kota Yogyakarta, (3) menemukan model kepemimpinan Kepala Sekolah pada Sekolah Ramah Anak (SRA), (4) mengetahui kelayakan model Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMP Kota Yogyakarta, (5) mengetahui kepraktisan Model Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Sekolah Ramah Anak (MKKSSRA) di SMP Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas 10 tahapan penelitian. Validasi pakar melibatkan 4 pakar pada validasi tahap 1 dan 6 pakar pada validasi tahap 2. Uji coba dan pendapat dilakukan sebanyak 3 kali di mana pada tahap 1 dilaksanakan di SMP N 8 Yogyakarta, tahap 2 dilaksanakan di SMP N 8 Yogyakarta dan SMP N 1 Yogyakarta, dan tahap 3 dilaksanakan di SMP N 8, SMP N 1, dan SMP N 15 Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik validasi ahli, FGD, angket, wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi. Validitas dan reliabilitas instrumen angket dianalisis dengan SPSS for Windows versi 23.00. Analisis data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan data kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model kepemimpinan kepala sekolah pada sekolah ramah anak yang berjalan selama ini menerapkan model kepemimpinan transformatif-instruktif, yang menempatkan kepala sekolah sebagai satu-satunya leader, (2) kelemahan model kepemimpinan kepala sekolah pada sekolah ramah anak yang berjalan selama ini menempatkan hubungan yang kaku antara kepala sekolah dengan warga sekolah, keputusan dan program-program sekolah tergantung pada ide-ide kepala sekolah, dan banyak tuntutan terhadap guru dan tenaga kependidikan untuk pelaksanaan program-program SRA, (3) komponen dan indikator MKKS-SRA dilakukan secara metodologi melalui Research and Development. Untuk menetapkan komponen dan indikator kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan humanistik sebagai inti (core) dari model MKKS-SRA dilakukan melalui kajian konseptual, teoretik, dan empirik di lapangan melalui survei, penilaian pendapat tiga tahap, dan FGD, (4) kelayakan model kepemimpinan kepala sekolah pada Sekolah Ramah Anak (SRA) yang dikembangkan di SMP Kota Yogyakarta ditunjukkan dengan hasil penilaian menunjukkan bahwa model MKKS-SRA sangat layak berdasarkan penilaian 3 tahap secara berurutan tahap pertama 3.96. tahap kedua 4.17, dan tahap ketiga 4.32, dan (5) kepraktisan model kepemimpinan kepala sekolah pada Sekolah Ramah Anak (SRA) yang dikembangkan di SMP Kota Yogyakarta menunjukkan bahwa MKKS-SRA sangat praktis. Hasil penilaian menunjukkan bahwa tahap pertama 3.96 tahap kedua 4.14, dan tahap ketiga 4.40 yakni klasifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model kepemimpinan, Sekolah Ramah Anak (SRA)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:42
Last Modified: 03 Nov 2022 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74893

Actions (login required)

View Item View Item