PROYEKSI KEBUTUHAN GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2019 – 2023

Azizah, Rina Nur (2019) PROYEKSI KEBUTUHAN GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2019 – 2023. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_rina nur azizah_15101241052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah kebutuhan guru di SD Negeri Kabupaten Kebumen tahun 2019-2023. Guru yang dimaksud adalah guru kelas, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjas). Proyeksi kebutuhan guru di SD N Kabupaten Kebumen tahun 2019 hingga 2023 ini dilakukan berdasarkan proyeksi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan analisis kebutuhan kuantitatif. Subyek Penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi dokumentasi. Data diperoleh dari dokumen Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen tahun 2014 hingga 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proyeksi ketersediaan guru kelas secara keseluruhan antara guru kelas yang PNS maupun GTT tahun 2019 hingga 2023 akan mengalami kelebihan guru. Tahun 2019 kelebihan guru diproyeksikan mencapai 522 guru, tahun 2020 diproyeksikan kelebihan 459 guru, tahun 2021 diproyeksikan kelebihan 366 guru, tahun 2022 diproyeksikan kelebihan 190 guru, dan tahun 2023 diproyeksikan kelebihan 123 guru. (2) Jumlah ketersediaan guru PAI secara keseluruhan antara guru PAI PNS dan GTT pada tahun 2019 diproyeksikan akan mengalami kelebihan guru sebanyak 14 guru. Namun pada tahun 2020 hingga 2023 diproyeksikan akan terjadi kekurangan guru PAI. Kekurangan pada tahun 2020 yaitu diproyeksikan mencapai 19 guru, tahun 2021 diproyeksikan kekurangan 42 guru, tahun 2022 diproyeksikan kekurangan 65 guru, dan tahun 2023 diproyeksikan kekurangan 81 guru. (3) Ketersediaan guru Penjaskes secara keseluruhan antara guru Penjaskes yang PNS dan GTT pada tahun 2019 hingga 2023 diproyeksikan akan mengalami kekurangan. Kekurangan pada tahun 2019 diproyeksikan mencapai 88 guru, tahun 2020 diproyeksikan kekurangan 95 guru, tahun 2021 diproyeksikan kekurangan 109 guru, tahun 2022 diproyeksikan kekurangan 122 guru, dan tahun 2023 diproyeksikan kekurangan 149 guru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teacher requirement projection, education planning, teacher SDN
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:11
Last Modified: 03 Nov 2022 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74887

Actions (login required)

View Item View Item