Amir Fatah, M.Pd (2012) MODIFIKASI PERSEPSI : HARAPAN BARU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TERAPAN (MEKANIKA FLUIDA). Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-6. ISSN 978-979-16353-8-7
|
Text
P - 2.pdf Download (44kB) | Preview |
Abstract
Mekanika fluida adalah cabang dari ilmu matematika yang mempelajari perilaku fluida dalam keadaan diam maupun bergerak tanpa memperhatikan penyebab dari gerak fluida. Dalam teknik otomotif, mata kuliah ini sangat membantu dalam desain dan rancang bangun kendaraan, mulai dari desain mesin (sistem bahan bakar, pelumasan dan lain-lain), body, system rem, maupun suspensi. Namun karena persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah mekanika fluida adalah mata kuliah dengan tingkat kesulitan tinggi seperti matematika, maka minat mahasiswa untuk mempelajari sangat rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar mekanika fluida adalah dengan melakukan modifikasi persepsi. Dengan modifikasi persepsi, maka seseorang dapat melihat suatu masalah dari sudut yang berbeda. Bahkan dengan modifikasi persepsi, sesuatu yang dibenci atau tidak diminati dapat berubah seketika. Oleh karena itu peran pendidik sangat diperlukan agar mampu melakukan modifikasi persepsi peserta didiknya. Dengan melakukan modifikasi persepsi terhadap mata ajar yang dipersepsikan sulit maka diharapkan minat belajar terhadap mata ajar tersebut menjadi meningkat dan pada gilirannya akan meningkatkan prestasi belajar. Kata kunci : Modifikasi, Persepsi, Meningkatkan, Minat, Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modifikasi, Persepsi, Meningkatkan, Minat, Belajar |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 00:32 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 00:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7488 |
Actions (login required)
View Item |