KESESUAIAN KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENDUKUNG KOMPETENSI MENULIS DAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SENTOLO

Lestari, Kunti Indriana (2019) KESESUAIAN KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENDUKUNG KOMPETENSI MENULIS DAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SENTOLO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
fulltext_kunti indriana lestari_13101241028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian koleksi buku perpustakaan sekolah dalam mendukung kompetensi menulis dan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri se-kecamatan Sentolo yang melaksanakan Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah guru-guru Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan angket tertutup. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: Kategori koleksi buku yang mendukung kesesuaian koleksi buku perpustakaan sekolah dalam mendukung standar kompetensi menulis dan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Se-Kecamatan Sentolo yang menggunakan Kurikulum Tingkatan Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013, yaitu buku teks/buku pelajaran, buku referensi, buku penunjang dan buku-buku fiksi. Adapun penjelasan kompetensi menulis dan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terdukung oleh buku per kelas di SMP Negeri Se-Kecamatan Sentolo, adalah sebagai berikut: pada kelas VII, kompetensi yang terdukung oleh koleksi buku referensi dan buku penunjang ada 32 kompetensi, buku- buku fiksi ada 13 kompetensi. Pada kelas VIII, kompetensi yang terdukung oleh koleksi buku referensi ada 10 kompetensi, buku penunjang ada 16 kompetensi, dan buku-buku fiksi ada 8 kompetensi. Pada kelas IX, kompetensi yang terdukung oleh koleksi buku referensi ada 8 kompetensi, buku penunjang ada 9 kompetensi dan buku-buku fiksi ada 7 kompetensi. Banyak buku yang tidak sesuai dikarenakan koleksi buku perpustakaan yang ada di perpustakaan kurang up to date.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: suitability of Indonesian language book collection, writing and reading competencies in Indonesian Language
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:40
Last Modified: 02 Nov 2022 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74872

Actions (login required)

View Item View Item