EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PADA KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DI SMK KUNCUP SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018

Romadhona, Fira (2019) EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PADA KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DI SMK KUNCUP SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_fira romadhona_14101241024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan kesesuaian antara standar keberhasilan Prakerin dengan fakta Prakerin di SMK Kuncup Samigaluh tentang evaluasi praktik kerja industri (Prakerin) pada kompetensi keahlian pemasaran di SMK Kuncup Samigaluh Kabupaten Kulon Progo tahun 2018, dilihat dari segi (1) konteks: dasar pelaksanaan Prakerin, (2) masukan: kesiapan pelaksanaan Prakerin, (3) proses: pelaksanaan Prakerin, dan (4) hasil: hasil pelaksanaan Prakerin. Penelitian ini menggunakan model CIPP yang dikemukakan oleh Stufflebeam. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 17 peserta didik, 3 guru pembimbing, dan 7 instruktur. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji validitas (ekspert judgment) dan uji reabilitas menggunakan teknik belah dua (split halve method atau single test single trial) dari Spearman Brown dengan hasil angket peserta didik memperoleh reabilitas sebesar 0.953, angket guru pembimbing sebesar 1, dan angket instruktur DUDI sebesar 0.815. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dengan rumus . Hasil penelitian yaitu (1) Context: berada pada kategori cukup baik, dengan demikian Prakerin dapat dilanjutkan, namun perlu adanya perbaikan dari berbagai komponen karena tempat Prakerin kurang sesuai dengan bidang keahlian peserta didik (pemasaran) dan dasar hukum pelaksanaan Prakerin kurang sesuai peraturan Dikmenjur, Permendiknas, dan peraturan sekolah. (2) Input: berada pada kategori cukup baik sehingga Prakerin dapat dilanjutkan, namun perlu adanya perbaikan dari berbagai komponen karena sekolah, peserta didik, dan DUDI kurang siap melaksanakan Prakerin. (3) Process: berada pada kategori baik karena pelaksanaan program peserta didik, guru pembimbing, dan instruktur DUDI sesuai dengan peraturan sekolah, sehingga Prakerin dapat dilanjutkan, namun masih perlu adanya perbaikan dari beberapa komponen (4) Product: berada pada kategori baik, karena peserta didik mencapai standar kompetensi lulusan dan peserta didik mampu meningkatkan kemampuan kompetensi bidang keahlian pemasaran, sehingga Prakerin dapat dilanjutkan, namun perlu adanya perbaikan dari beberapa komponen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CIPP, Prakerin, program evaluation
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:15
Last Modified: 02 Nov 2022 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74871

Actions (login required)

View Item View Item