PENCAPAIAN KRITERIA STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SEKOLAH INKLUSIF DI SMP NEGERI 1 SENTOLO DAN SMP MUHAMMADIYAH 2 SENTOLO

Saefani, Reni Ayu (2019) PENCAPAIAN KRITERIA STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SEKOLAH INKLUSIF DI SMP NEGERI 1 SENTOLO DAN SMP MUHAMMADIYAH 2 SENTOLO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_reni ayu saefani_14101241033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui tingkat pencapaian standar nasional pendidikan sekolah inklusif di SMP Negeri 1 Sentolo, (2) mengetahui tingkat pencapaian standar nasional pendidikan sekolah inklusif SMP Muhammadiyah 2 Sentolo, (3) mengetahui upaya sekolah dalam meningkatkan pencapaian kriteria standar nasional pendidikan sekolah inklusif SMP Negeri 1 Sentolo dan SMP Muhammadiyah 2 Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sentolo dan SMP Muhammadiyah 2 Sentolo. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan guru pembimbing khusus (GPK). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan penghitungan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Secara keseluruhan pencapaian kriteria standar nasional pendidikan sekolah inklusif SMP Negeri 1 Sentolo mencapai 63% dengan kategori baik. Pada aspek standar isi mencapai 67% (baik), aspek standar proses mencapai 71% (baik), aspek standar pendidik dan tenaga kependidikan 57% (baik), aspek standar sarana prasarana mencapai 67% (baik), aspek standar pembiayaan mencapai mencapai 54% (baik). 2) Pencapaian kriteria standar pelayanan minimum sekolah inklusif SMP Muhammadiyah 2 Sentolo mencapai 19% dengan kategori kurang. Pada aspek standar isi mencapai 22% (cukup), aspek standar proses mencapai 43% (cukup), aspek standar pendidik dan tenaga kependidikan mencapai 26% (cukup), aspek sarana prasarana mencapai 0% (kurang), aspek standar pembiayaan mencapai 3% (kurang). 3) Upaya sekolah dalam meningkatkan pencapaian kriteria standar nasional pendidikan sekolah inklusif adalah dengan mengupayakan guru/GPK mendapatkan pelatihan agar mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam proses penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah, sekolah juga mengupayakan pemenuhan sarana prasarana penunjang layanan pendidikan untuk ABK pada saat pembelajaran di sekolah, serta penganggaran dana untuk menunjang proses berlangsungnya pendidikan inklusif di SMP Negeri 1 Sentolo dan SMP Muhammadiyah 2 Sentolo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: National Education Standards, inclusive education
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:48
Last Modified: 02 Nov 2022 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74869

Actions (login required)

View Item View Item