QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD IMOGIRI

Armadyaningtyas, Nimas Vindy (2022) QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD IMOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nimas Vindy A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar IPA merupakan cermin belum tercapainya tujuan pembelajaran IPA di SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Imogiri dengan menggunakan tindakan Quantum Learning. Quantum Learning dalam penelitian ini menggunakan sintaks TANDUR, yaitu tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi, dan rayakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain PTK menurut Kemmis dan McTaggart (1988) yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila ≥ 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar IPA siswa kelas V dapat ditingkatkan dengan menggunakan Quantum Learning. Pada siklus I rata- rata prestasi belajar siswa adalah 74,23 kemudian meningkat menjadi 85,75 pada siklus II. Pembuatan model riil menjadi faktor penting dalam pembelajaran sistem organ dan/atau materi yang sulit untuk diobservasi secara langsung. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Quantum Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V. Kata kunci : Prestasi Belajar IPA, Quantum Learning, Siswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:09
Last Modified: 02 Nov 2022 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74862

Actions (login required)

View Item View Item