MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL BAROKAH YOGYAKARTA

Tanzila, Arina Ilmi (2019) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL BAROKAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_arina ilmi tanzila_15101241033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kurikulum di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Barokah Yogyakarta, yang mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Ketua Madin Al Barokah, sekretaris Madin Al Barokah, asatidz, dan santri. Penelitian ini bertempat di Pondok Pesantren Al Barokah Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yakni berupa aktivitas kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan kurikulum Madin Al Barokah dilaksanakan oleh pengurus Madin. Perencanaan kurikulum mencakup penentuan dirosah, pembagian jadwal mengajar, dan penentuan jam belajar. 2) Pelaksanaan kurikulum Madin Al Barokah dinyatakan dalam bentuk pembelajaran yang terjadwal. Bahan ajar atau literatur yang digunakan dalam pembelajaran yakni kitab kuning karangan ulama salaf dengan metode bandongan (bersamasama) dengan penambahan metode dan strategi belajar lain seperti hafalan dan presentasi. 3) Evaluasi kurikulum Madin Al Barokah mencakup tujuan kurikulum, isi kurikulum, sarana-prasarana, dan ketuntasan belajar santri. Evaluasi kurikulum dilaksanakan setiap satu tahun sekali dalam forum rapat pengurus Madin, sedangkan evaluasi ketuntasan belajar dilaksanakan setiap satu semester sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Madrasah Diniyah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:01
Last Modified: 02 Nov 2022 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74860

Actions (login required)

View Item View Item