PENGELOLAAN SARANA PENDIDIKAN DI SD NEGERI MEJING 2 GAMPING DAN SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 1 GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA

Novita, Wahyu Reza (2019) PENGELOLAAN SARANA PENDIDIKAN DI SD NEGERI MEJING 2 GAMPING DAN SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 1 GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_wahyu reza novita_14101241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana pendidikan di SD Negeri Mejing 2 Gamping dan SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 Gamping, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru, dan bendahara sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan menggunakan model analisis kualitatif dari Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan secara umum di kedua sekolah sudah dilaksanakan secara berurutan sesuai dengan aspek manajemen. Kedua SD ini dalam perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan sudah dilaksanakan hanya saja kurang maksimal dalam beberapa aspek. Pada kedua sekolah yang membedakan yaitu aspek pemeliharaan dan inventarisasi. Pemeliharaan di SD Negeri belum maksimal dan inventarisasi belum dilakukan secara menyeluruh., sedangkan di SD Muhammadiyah inventarisasi hanya dilakukan pada setiap kelas oleh wali kelas belum dilakukan secara menyeluruh pada sarana pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sarana Pendidikan, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:02
Last Modified: 06 Dec 2022 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74859

Actions (login required)

View Item View Item