Chaira, Dea Kuntum (2019) PERSEPSI GURU TENTANG KINERJA PENGAWAS DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_dea kuntum chaira_14101241021.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang kinerja pengawas dalam melaksanakan kegiatan supervisi akademik di SMP 13 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan ukuran numerik.Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran SMP 13 Yogyakarta yang berjumlah 22 guru. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala penilaian yang memiliki 4 alternatif jawaban dan terdiri atas 56 butir. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Persepsi guru tentang kinerja pengawas dalam melaksanakan kegiatan supervisi akademik di SMP 13 Yogyakarta dalam kegiatan kehadiran secara langsung, pemberian solusi, pengembangan pembelajaran, dan pemberian motivasi kepada guru masuk dalam kategori kurang intensif dengan skor 2,32. Persepsi guru dalam kegiatan kehadiran secara langsung, pemberian solusi, pengembangan pembelajaran, dan pemberian motivasi kepada guru oleh pengawas pada aspek membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran masuk kategori intensif dengan skor (2,9). Sedangkan aspek membimbing guru dalam menyusun silabus dan aspek membimbing guru dalam melaksanakan pembelajaran dilaboratorium masuk kategori tidak intensif dengan skor masing-masing (1,1).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perception of teachers, academic supervision |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 03:58 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 03:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74855 |
Actions (login required)
View Item |