PENGELOLAAN PROGRAM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH TERINTEGRASI (MDTT) AL LATIF PADA SEKOLAH DASAR NEGERI SURYODININGRATAN 2 YOGYAKARTA

Ambarsari, Catur Wulan Ratna (2019) PENGELOLAAN PROGRAM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH TERINTEGRASI (MDTT) AL LATIF PADA SEKOLAH DASAR NEGERI SURYODININGRATAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_catur wulan ratna ambarsari_14101241008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program Madrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi Al Latif pada Sekolah Dasar Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta yang mencakup proses perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi Al Latif pada Sekolah Dasar Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah pengurus program MDTT Al Latif, tenaga pengajar, dan siswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta analisis data menggunakan model dari Miles, Huberman & Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan program MDTT Al Latif secara keseluruhan belum berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari: (1) Belum adanya buku pedoman program MDTT Al Latif sebagai acuan pengelolaan program MDTT Al Latif sehingga pengurus kurang menguasai Tupoksi masingmasing. (2) Belum validnya kurikulum yang digunakan sehingga pengajar tidak mempunyai bahan ajar yang jelas dalam pelaksanaan pembelajaran program MDTT Al Latif. (3) Tenaga pengajar yang bertugas untuk mengampu program MDTT Al Latif, dari 6 tenaga pengajar hanya 1 tenaga pengajar yang bergelar sarjana pendidikan. (4) Pengorganisasian tidak disertai dengan struktur organisasi dan deskripsi tugas yang jelas sehingga masih terjadi ketim pangan dalam hal pelaksanaan tugas. (5) Koordinasi yang dilakukan kurang berjalan dengan maksimal sehingga masih ada ketimpangan dalam proses pelaksanaan program. (6) Evaluasi belum dilakukan secara menyeluruh sehingga masalah yang ada tidak bisa ditangani dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan program, madrasah diniyah takmiliyah terintegrasi, MDTT
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:43
Last Modified: 02 Nov 2022 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74853

Actions (login required)

View Item View Item