MANAJEMEN STRATEGI PENGAWAS SEKOLAH DASAR KOTA YOGYAKARTA

US, ATIK NIDAUL HUSNA (2021) MANAJEMEN STRATEGI PENGAWAS SEKOLAH DASAR KOTA YOGYAKARTA. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_atik nidaul husna us_17703251077.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan: (1) manajemen strategi pengawas, (2) faktor penghambat strategi pengawas, (3) faktor pendukung strategi pengawas, dan (4) pengembangan manajemen strategi pengawas sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Tempat dan waktu penelitian di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta pada Desember 2019 sampai Februari 2020. Subjek penelitian adalah pengawas sekolah sebagai key informant. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Usaha untuk meningkatkan keabsahan data penelitian menggunakan uji credibility dan dependability. Analisis data penelitian menggunakan data collection, data condensation, data display, conclusions drawing/verifying. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Manajemen strategi pengawas sekolah dasar Kota Yogyakarta meliputi: (a) perencanaan strategi termuat dalam program tahunan dan semesteran, termasuk di dalamnya RKM dan RKA; (b) pengorganisasian strategi dilakukan pengawas melalui kualitas komunikasi yang fleksibel dan hubungan baik bersama kepala sekolah dan guru-guru dalam menjalankan sosialisasi program pengawas berupa pendampingan kolektif (KKKS dan KKG) dan pendampingan personal; (c) pelaksanaan strategi dilakukan dengan penyesuaian waktu dan kondisi antara pengawas sekolah dan sekolah binaan; (d) pengontrolan strategi berupa monitoring kepada kepala sekolah dan guru-guru di sekolah binaan. (2) Faktor penghambat strategi pengawas sekolah adalah beban tugas yang banyak, ketimpangan antara jumlah pengawas dan jumlah sekolah binaan, serta regulasi yang cepat berubah. (3) Faktor pendukung strategi pengawas sekolah adalah geografis sekolah binaan yang strategis satu sama lain, komunikasi yang lancar, SDM yang memiliki kompetensi serta sarana dan prasarana yang merata. (4) Pengembangan manajemen strategi pengawas sekolah dilakukan dengan melatih agar pengawas mampu beradaptasi dan cepat belajar terhadap dinamika sekolah binaan dan regulasi, mensosialisasikan program, memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, dan melatih kepemimpinan pengawas dan mendedikasikannya kepada guru dan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pengawas sekolah, strategi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:17
Last Modified: 02 Nov 2022 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74846

Actions (login required)

View Item View Item