PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SD NEGERI SERAYU

KURNIA SANDI, KURNIA SANDY (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SD NEGERI SERAYU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_kurnia sandi_13101241011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peran Kepala Sekolah sebagai manajer, (2) Peran Kepala Sekolah sebagai leader, dan (3) Peran Kepala Sekolah sebagai supervisor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Lokasi penelitian yaitu di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Analisis data dengan menggunakan model analisis kualitatif dari Miles Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah di SD Negeri Serayu dilakukan dengan (a) membentuk tim manajemen sekolah yang beranggotakan kepala sekolah, guru, dan komite sekolah dalam merencanakan program sekolah, (b) pendayagunaan seluruh sumber organisasi memberikan tugas sesuai dengan job description berdasarkan kemampuan masing-masing guru dan karyawan untuk melakukan pembinaan siswa dan pengelola sarana dan prasarana sekolah, (c) pencapaian tujuan organisasi membangun komitmen dengan melibatkan seluruh warga sekolah untuk ikut terlibat dalam proses implementasi MBS. (2) Peran kepala sekolah sebagai leader dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah di SD Negeri Serayu dilakukan dengan (a) input values meliputi amanah, profesional, bertanggungjawab, disiplin, peduli dan menghargai orang lain, dan belajar sepanjang hayat, (b) process values meliputi visioner dan berwawasan, menjadi teladan, motivasi, koordinatif dan bersinergi dalam rangka kerja tim, dan akuntabel, (c) output values meliputi produktif, dapat dipercaya, responsif dan aspiratif, antisipatif dan inovatif, demokrasi, berkeadilan dan inklusif. (3) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah di SD Negeri Serayu dilakukan dengan (a) koordinator kepala sekolah membuat program untuk melakukan supervisi diantaranya rencana supervisi, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut, (b) konsultan kepala sekolah memberikan bantuan kepada guru yang sedang mengalami masalah baik secara umum maupun pribadi, (c) pemimpin kelompok kepala sekolah memberikan tugas sesuai potensi dan kebutuhan yang ada agar mendapatkan hasil yang maksimal, dan (d) evaluator kepala sekolah memberikan penilaian terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran kepala sekolah, manajemen berbasis sekolah.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:10
Last Modified: 02 Nov 2022 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74844

Actions (login required)

View Item View Item