MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PADA PROGRAM KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMP NEGERI 4 PURBALINGGA

Lukman Yuli Saputro, Lukman Yuli Saputro (2019) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PADA PROGRAM KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMP NEGERI 4 PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_lukman yuli saputro_14101241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen sarana dan prasarana pada program kelas khusus olahraga di SMP Negeri 4 Purbalingga, meliputi: (1) Perencanaan; (2) Pengadaan; (3) Pengaturan; (4) Penggunaan; dan (5) Penghapusan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian yaitu manajemen sarana dan prasarana pada Program Kelas Khusus Olahraga. Informan pada penelitian ini adalah Koordinator KKO, Kepala Sekolah dan Bagian sarana prasarana. Lokasi penelitian di SMP Negeri 4 Purbalingga. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan model interaktif dengan tahap: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian manajemen sarana dan prasarana pada program kelas khusus olahraga (KKO) di SMP Negeri 4 Purbalingga menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana olahraga diawali dengan analisis kebutuhan oleh guru olahraga, pelatih olahraga dan koordinator KKO, kemudian menentukan skala prioritas, serta melakukan rapat perencanaan; (2) Pengadaan sarana dan prasarana olahraga dilakukan dengan cara pembelian, sewa dan kerja sama; (3) Pengaturan sarana dan prasarana meliputi kegiatan inventarisasi berupa pendataan sarana dan prasarana yang menggunakan buku inventarisasi sarana dan prasarana sekolah, penyimpanan sarana olahraga berada diruang penyimpanan, ruang guru, dan gudang, pemeliharaan sarana dan prasarana olahraga dilakukan oleh koordinator KKO serta pengelola sarana dan prasarana dari luar; (4) Penggunaan sarana dan prasarana dilakukan melalui penjadwalan serta menggunakan prosedur peminjaman dan pengembalian; (5) Penghapusan sarana dan prasarana olahraga dilakukan sesuai dengan prosedur yaitu pencatatan barang yang akan dihapus kemudian diajukan penghapusan hingga pembuatan berita acara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: manajemen sarana dan prasarana, kelas khusus olahraga
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:54
Last Modified: 02 Nov 2022 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74842

Actions (login required)

View Item View Item