PENGARUH E-SUPERVISI DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KINERJA GURU SMA DI KABUPATEN PATI SAAT PANDEMI COVID-19: STUDI PENELITIAN MIXED METHODSQUENTIAL EXPLANATORY

Abdun, Ahmad Abdun (2021) PENGARUH E-SUPERVISI DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KINERJA GURU SMA DI KABUPATEN PATI SAAT PANDEMI COVID-19: STUDI PENELITIAN MIXED METHODSQUENTIAL EXPLANATORY. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ahmad abdun salam_19703251028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-supervisi dan kemampuan literasi digital terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Pati saat pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi dengan desain sequential explanatory yaitu metode kuantitatif pada tahap pertama, dan diikuti dengan metode kualitatif pada tahap kedua. Subjek penelitian adalah guru-guru SMA Negeri di Kabupaten Pati yang telah mendapatkan supervisi akademik berbasis daring selama pandemi. Sampel penelitian sebanyak 193 dari 373 guru yang diambil dengan menggunakan random sampling. Analisis data menggunakan regres linier dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil data kuantitatif akan diperkuat dan diperdalam dengan penelitian kualitatif. Subjek wawancara adalah kepala sekolah, asesor, serta guru. Keabsahan data kualitatif dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Analisis data kualitatif dilakukan dengan menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukan: 1) e-supervisi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai sig. (0.000<0.05), 2) kemampuan literasi digital berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai sig. (0.000<0.05), 3) esupervisi dan kemampuan literasi digital secara setimulan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai sig. (0.000<0.05). Hasil penelitian kuantitatif diperkuat dan diperdalam dengan temuan penelitian kualitatif sebagai berikut: 1) supervisi dilaksanakan dengan memadukan supervisi daring dan tatap muka, 2) guru mendapatkan banyak masukan dari supervisi karena pembelajaran daring suatu hal yang baru bagi mereka, 3) kemampaun literasi digital menjadi dasar dalam pembelajaran daring sehingga guru minimal harus menguasai satu aplikasi pembelajaran yang digunakan, 4) variabel lain yang berpengaruh terhadap kinerja guru selain variabel yang diteliti seperti sarana prasarana, kebijakan sekolah, keaktifan peserta didik, dukungan orang tua, kemampuan mengajar, kreatifitas guru, kesadaran guru untuk terus mengajar, serta pelatihan untuk peningkatan kapasitas diri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-Supervisi, Literasi Digital, Kinerja Guru, Penelitian Kombinasi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:47
Last Modified: 02 Nov 2022 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74840

Actions (login required)

View Item View Item