Pengaruh Gaji dan Kompetensi Guru PJOK Non PNS SMP Terhadap Kinerja di Kabupaten Cilacap

Ginajar, Afan (2022) Pengaruh Gaji dan Kompetensi Guru PJOK Non PNS SMP Terhadap Kinerja di Kabupaten Cilacap. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_afan ginanjar_20733251016.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaji dan kompetensi guru PJOK Non PNS SMP terhadap kinerja di Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Ex Post Facto yaitu desain penelitian yang di dalamnya tidak terjadi manipulasi variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 127 Guru PJOK Non PNS SMP di Kabupaten Cilacap. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 15 Guru PJOK Non PNS tidak berstatus PPPK atau GTY (Guru Tetap Yayasan) dan tidak tersertifikasi. Pihak lain yang terlibat dalam pengisian angket yaitu atasan, teman sejawat, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan analisis regresi. Hasil uji t yaitu nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan berdasarkan perhitungan t tabel diperoleh hasil nilai t hitung 24,833 > t tabel 2,051. Sedangkan, hasil uji F nilai signifikasi untuk pengaruh variabel bebas (x) yaitu kompetensi guru dan gaji guru secara simultan terhadap variabel terikat (y) yaitu kinerja guru adalah 0,000 < 0,005 dan nilai f hitung 616,67 > 3,33 nilai F tabel. Berdasarkan hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan gaji dan kompetensi guru PJOK non PNS SMP terhadap kinerja di Kabupaten Cilacap.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Dimyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, gaji guru, kinerja guru, SMP
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:59
Last Modified: 31 Oct 2022 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74808

Actions (login required)

View Item View Item